Sunday, April 14, 2013

Sistem

Sistem itu apa? suatu hari seseorang bertanya padaku. Tak ada definisi khusus yang secara harfiah mampu aq jelaskan. Ada dalam benakku, tapi aq tak punya kosa kata yang tepat untuk menggambarkan nya. Selain karena kata "sistem" itu sendiri bukan lah kata yang menarik. Dan 'mungkin' bukan kata yang lazim untuk di bahas layaknya kata "Gender", "gadget" atau "pemilu".

Pagi tadi seperti biasa aq sempatkan buat gowes bersama komunitasku di kantor. Bersepeda keliling kota, menyapa angin di pinggiran laut dan membiarkan sinar matahari pagi menyentuh wajah dan telapak tangan yang sudah di cover oleh sun block sebelumnya. Mungkin itu 'sistem'. Harmonisasi antara sepeda dan bagian-bagian dari tubuhnya (ban, pedal, dll) dan keinginan tubuh biologisku untuk melakukan gerakan-gerakan yang memicu darah mengalir lebih lancar. Pastilah sebuah 'sistem' memiliki tujuan. SEHAT, dalam hal ini. Mungkin seperti itu.

Kemarin, sebuah pesawat landing di laut persis disamping landasan bandara. 'Sistem' kah yang sedang terganggu? Navigasi, fokus, kondisi fisik pesawat, atau apa? apa disini 'sistem' diartikan juga sebagai kesatuan yang nyata, ada sebab (yang sampai sekarang belum diketahui pasti),ada kejadian yang mengikuti sebab tersebut, ada benda dan orang-orang yang terlibat didalamnya. Lihat, ada seorang ibu yang selamat turun dari pesawat namun hampir meregang nyawa justru saat pelampungnya lepas dan tenggelam. Mungkin ini yang nama nya 'sistem', kumpulan alur yang menjadi sebuah cerita karena memiliki plot-plot teratur. Ikut berduka untuk musibah Lion Air 13.04.13 . Look, the number is also so systemic.

Pastilah 'sistem' memiliki sebuah struktur, atau mungkin ia memiliki perilaku tertentu. Semakin aneh aq meresapi nya, ini semua karena pertanyaan itu. Untuk apa ia bertanya definisi 'sistem' ? menjadi peer yang membuat synaps-synaps ku terus ingin saling merangkul satu sama lain. Aq ingat sebuah istilah "cybernetics". Ini mungkin sebuah istilah untuk sebuah cabang ilmu, kalau ingatanku tidak melenceng. Didalamnya ada 'sistem'. Sure semua ilmu butuh cybernetics ini sepertinya, fisika, kimia, biologi, psikologi dan pengembangan ilmu komputer dan robotics. Yang terakhir ini yg seru, operation and application of robot. Bagus frasa nya, ada 'sistem' yang mengatur cara si robot bergerak, berpersepsi, berperilaku dan berfikir. Bisa ya Robot mikir? bisa, karena 'sistem' disini juga termasuk si creator nya. Mungkin begitu. di kehidupan nyata juga kita di atur oleh 'sistem' nya robot dan creator. Menjadi robot didunia kerja , bergerak dan berfikir karena remote control. Menjadikan orang lain sebagai creator pola fikir dan pengambil keputusan. Life.

'sistem' menjadi kata yang tidak lagi aneh sekarang, perlahan ia menuju ke kutub satunya. Menjadi kata yang indah karena ada bumbu cinta didalam nya. Pastilah 'cinta' mengenal 'sistem', seperti hal nya sebuah cinta yang harus dikondisikan oleh 'rindu' menggelegak, tapi tak punya cara melampiaskan nya. Seperti halnya kata-kata cinta dalam puisi tak puitis dan tak romantis yang memaksa keluar dari fikiran, agar yang dicinta menyadari kekuatan sebuah kata. Ahhh.. 'sistem' memang indah. Pastilah ia natural meski kadang artifisial. Pastilah ia memiliki kontrol meski terkadang tak berbatas.

'Sistem' bukan misteri. Ia hanya sebuah kata. Kata yang memiliki definisi berbeda, terkonsep dan berjejak.


(14.04.13 , in the cold of the nite, so ready for Monday)






No comments:

Post a Comment